Doa Mengambil Keputusan yang Bijak dalam Islam



Menentukan sebuah pilihan hidup yang tepat kadang membuat kita bingung ingin melangkah kemana, dengan doa mengambil keputusan dalam Islam ini maka diharapkan dapat membantu memberikan arah terang bagi rencana anda dimasa depan yang melibatkan dua pilihan atau lebih sehingga dengan doa untuk menentukan pilihan yang bijak dapat menolong bagi sesama. Apabila kita dihadapkan pada kenyataan yang harus memilih satu diantara banyak pilihan maka diperlukan masa untuk menenangkan pikiran agar setiap langkah yang kita ambil merupakan kata hati dan hasil pemikiran yang matang sehingga bermanfaat untuk masa depan.

Bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang untuk mengambil keputusan tersebut, apalagi dalam memilih itu adalah tanggung jawab besar misalnya melibatkan orang banyak atau keluarga yang sangat dicintai.  Rasanya sangat ingin memberikan pendapat kepada orang lain untuk berbagi beban tersebut, namun ketika hal itu tidak mungkin anda lakukan maka jalan terbaik adalah dengan berdoa memohon petuntuk Allah yang akan memberikan pencerahan bagi kita.

Lantas seperti apa wujud doa yang dapat kita panjatkan kepada Allah untuk meminta pengarahan mengenai langkah kita ke masa depan tersebut? Carnya adalah dengan mendirikan sholat Istikharah yaitu shalat sunnah dua rakaat yang dilakukan dengan tujuan menentukan pilihan terbaik bagi kita.

اللَّهُمَّ إِنيِّ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ, وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ, وَأَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ. اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمِّي حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِي فيِ دِيْنيِ وَمَعَاشيِ وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ ليِ وَيَسِّرْهُ ليِ، ثُمَّ بَارِكْ ليِ فِيْهِ. وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ ليِ فيِ دِيْنيِ وَمَعَاشيِ وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنيِّ وَاصْرِفْنيِ عَنْهُ، وَاقْدُرْ لِيَ اْلخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنيِ بِهِ 
“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepa-da-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha-agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kua-sa. Engkau mengetahui sedang aku tidak mengetahui dan Eng-kau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (di sini, orang yang mem-punyai hajat hendaknya menyebutkan persoalannya) adalah baik untuk agamaku, kehidupanku, dan akibatnya terhadap diriku, di dunia atau akhirat, maka taqdirkanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini berbahaya bagiku dalam agama, kehidupanku dan akibatnya terhadap diriku, maka jauhkanlah persoalan tersebut dariku dan jauhkanlah aku darinya, taqdirkan kebaikan untukku di mana pun ia berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku” (HR. al-Bukhari)

Adapun doa untuk melakukan sholat tersebut dapat diketahui pada tulisan ini yang mana dapat anda hafalkan dan amalkan demi mendapatkan petunjuk yang terbaik dari apa yang kita ambil sebagai langkah terbaik dalam mengambil sebuah putusan yang sulit. Dengan memohon kepada Allah semoga mendapat jalan atas apa yang selama ini menganjal di hati dan ingin anda tumpahkan kedalam luahan perasaan yang tidak akan berguna selain berdoa.

Artikel Terkait Amalan Doa