Apa dan Bagaimana Cara Puasa Pati Geni



Ketika berbicara tentang lelaku dan tirakat kejawen sering kita mendengar istilah pati geni yang berhubungan dengan puasa, namun apa pengertian puasa pati geni sendiri? Lalu bagaimana tata cara puasa pati geni yang benar menurut ketentuan yang ada? Kalau membahas mengenai lelaku ini rasanya tidak ada kaitannya hukum puasa pati geni dalam islam dan malah dekat dengan pembelajaran tentang ilmu Jawa yang berasal dari warisan para leluhur jaman dahulu.

Pati geni adalah puasa yang mengharuskan si pelaku untuk tidak makan dan minum apapun selama 1x24 jam dan harus berada dalam ruangan tertutup tanpa cahaya sedikitpun. Dalam menjalankan lelaku ini, tidak diperbolehkan untuk melakukan interaksi dengan dunia luar misalnya bicara, makan, minum, tidur. Yang dilakukan hanya semedi sambil mengamalkan rapalan mantra tertentu sesuai dengan keilmuan yang dipelajari.

Umumnya orang menjalankan pati geni selama sehari semalam, namun ada pula puasa pati geni selama 3 hari berturut-turut, bahkan di jaman dahulu para orang pintar berhasil menjalankan pati geni selama 40 hari lamanya.

Dalam melakukan puasa ini sebaiknya benar-benar tahu dengan apa yang dilakukan, karena tanpa adanya tujuan yang jelas maka akan sia-sia karena resiko yang harus di hadapi adalah sangat besar menyangkut kesehatan badan kita. Dan juga mengenai mantra dan ilmu yang dipelajari hendaknya benar-benar tahu hakekatnya.

Puasa pati geni adalah salah satu dari beberapa jenis puasa kejawen seperti puasa weton, ngrowot, dan puasa mutih yang pernah kita bahas pada tulisan sebelumnya.




Artikel Terkait Ilmu Kesaktian